Seperti yang diketahui bahwa Koperasi adalah organisasi
bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-orang demi kepentingan bersama
atas asas kekeluargaan. Dalam koperasi itu sendiri yang berdasarkan atas asas
kekeluargaan dapat timbul yang dinamakan konflik antar anggota koperasi. Adanya
konfilk kepentingan antara pemilik organisasi (yang seharusnya kepentingan
pemiliklah yang lebih mendominasi) dengan kepentingan mereka yang mengontrol
atau mengelola organisasi, merupakan fakta umum yang terjadi di dunia usaha,
sehingga harus ada pengawasan dan pemilikan. Koperasi dapat menjadi organisasi
yang benar-benar swadaya (mandiri), tetapi dapat pula diorganisir untuk
mendapat bantuan dari luar.
Ada beberapa
cara untuk memajukan koperasi di Indonesia
:
- Harus ada Sumber Daya Manusia yang dapat mengacu pada visi dan misi koperasi serta bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dengan pemberdayaan pengusaha kecil dan menengah, kemampuan penggunaan teknologi, terutama internet dan computer, kelancaran berbahasa asing terutama bahas inggris serta keterampilan manajerial menjadi syarat utama bagi para pemilik dan tim manajemen koperasi. Kelancaran berbahasa asing terutama sangat dibutuhkan pada saat bernegosiasi dengan buyers dari luar negeri. Tim manajemen sangat berperandalam memajukan daerahnya melalui repositioning koperasi. Pelatihan-pelatihan bagi setiap anggota koperasi pun diperlukan guna meningkatkan kwalitas dan kinerja kerja para anggota koperasi dan menambah pemahaman agar koperasi tersebut dapat terus berkembang.
- Meningkatkan anggaran modal bagi koperasi di Indonesia guna meningkatkan mutu dan kualitas kegiatan perkoperasian.
- Sarana dan Prasarana yang menunjang diperlukan terutama dalam system informasi dan telekomunikasi yang memudahkan koperasi tersebut mengembangkan usahanya lebih meluas dan berkembang.
- Targeting sesuai dengan strategi focus yang dilakukan oleh koperasi, maka targeting koperasi adalah pemasaran terpusat (concentrated marketing), yaitu merangkul bagian pasar yang luas dari satu atau sedikit segmen pasar dari pada memperoleh bagian pasar yang luas.
- Positioning koperasi lebih ditekankan pada manfaat yang diperoleh masyarakat dari koperasi yang didapat diperoleh melalui koperasi yang berbasis teknologi dan kualitas SDM (brainware management). Penambahan positioning yang diatur secara professional akan memakan waktu yang cukup lama, karena repositioning juga menyangkut persepsi di benak konsumen. Jika selama ini, koperasi dipandang sebelah mata oleh sebagian usahawan, kini saatnya koperasi membuktikan kompetensinya melalui kesiapan dan kemampuan berusaha dalam iklim otonomi daerah, sehingga manfaatnya dirasakan oleh masyarakat luas baik di Indonesia maupun dimanca Negara.
- Segmentasi utama dari repositioning koperasi adalah industri baik di Indonesia maupun dimanca Negara. Konsumen jenis ini disebut Industrial customer, yaitu konsumen institusi yang membeli untuk menghasilkan sesuatu. Konsumen ritel tetap dilayani, terutama untuk produk konsumsi.
- Produk yang ditawarkan oleh koperasi haruslah produk yang berkualitas dan mampu bersaing dengan produk lain, dengan demikian konsumen pun akan merasa puas akan produk yang ditawarkan oleh koperasi tersebut.
Selain itu koperasi juga harus memberikan inovasi yang dapat
mengangkat daya saing koperasi itu sendiri. Dengan adanya inovasi-inovasi baru
diharapkan suatu koperasi akan menjadi lebih menarik dan dapat mengajak anggota
koperasi lebih aktif berkoperasi.
Keaktifan para anggota koperasi turut mempengaruhi
produktifitas dan kinerja koperasi tersebut dapat berjalan dengan baik. Contohnya
semakin banyak anggota untuk bertransaksi dikoperasi maka akan membuat anggota
lebih aktif untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan perkoperasian sehingga dapat
meningkatkan taraf hidup anggotanya.
Koperasi sebagai salah satu bentuk ekonomi Indonesia
yang dianggap paling berperan dalam memajukan kondisi suatu daerah, dengan berjalannya
suatu koperasi secara efektif maka akan memajukan pula kondisi ekonomi suatu daerah.
Dengan cara-cara yang sudah saya sebutkan yang harus dibenahi baik dari permodalan,
SDM, penerapan teknologi, kemampuan manajerial maupun kegiatan operasionalnya sehingga
menjadikan koperasi sebagai suatu bentuk usaha yang berbasis teknologi dan kualitas
SDM (brainware management) dengan mengacu pada persaingan global dan memiliki tujuan
utama “meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerahnya”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar